Sunday 18 November 2018

LAPORAN PERJALANAN STUDY TOUR KE BANDUNG KUNJUNGAN KE OBJEK-OBJEK WISATA DI JAWA BARAT


LAPORAN PERJALANAN STUDY TOUR KE BANDUNG
KUNJUNGAN KE OBJEK-OBJEK WISATA DI JAWA BARAT
 


Di Susun oleh:
1.       



KELAS : VIII F


SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 JEKULO
TAHUN AJARAN 2017/2018 


KATA PENGANTAR
           
Dengan mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayah-Nya kepada kita semua khususnya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan laporan karya tulis ini dengan baik.
Laporan karya tulis ini di maksudkan untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia yang sesuai dengan kurikulum SMP Negeri 3 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018.
Dengan terselenggarakannya penyusunan laporan karya tulis ini kami mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan karya wisata ini. Kami ucapkan terima kasih kepada :
1.   Bu Wiwik Purwati S.Pd, selaku kepala sekolah SMP Negeri 3 Jekulo
2.    Bu Siti Rusmiati S.Pd selaku wali kelas 8F
3.    Bu Siti Komariyah, S.Pd selaku guru pembimbing dimana telah memberikan bimbingan dan pengarahan dalam pembuatan karya tulis ini
4.    Bapak/Ibu guru beserta staf karyawan SMP Negeri 3 Jekulo Kudus
5.    Teman – teman serta saudara – saudara semuanya yang telah banyak mendukung dalam tersusunnya karya tulis ini
6.    Ayahanda dan Ibunda tercinta yang telah membantu dalam bentuk moril maupun materil

Harapan kami semoga laporan karya tulis yang telah kami buat bermanfaat bagi kalangan siswa – siswi SMP Negeri 3 Jekulo Kudus. Kami menyadari sepenuhnya bahwa karya tulis ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, baik dalam penulisan maupun penyajiannya. Oleh karena itu kritik dan saran yang sifatnya membangun dari para pembaca akan sangat membantu bagi kami. Mudah – mudahan apa yang penyusun tulis dalam karya tulis ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.

Kudus, 14 Maret 2018

                                     
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pendidikan sangat penting untuk setiap orang karena pendidikan itu sendiri menyangkut masa depan, serta merupakan upayauntuk mencerdaskan anak bangsa. Pendidikan tidak hanya tanggung jawab seorang guru, pemerintah, masyarakat maupun orang tua. Namun semua lapisan masyarakat Indonesia juga ikut bertanggung jawab atas terwujudnya pendidikan nasional. Yakni dengan menjalankan tugas sesuai dengan kemampuan dan tanggung jawab yang merupakan upaya untuk terwujudnya pendidikan nasional yang bermutu tinggi dan berbudi pekerti luhur.
Sebab itulah untuk mewujudkannya ada beberapa kegiatan yang menunjang pendidikan, salah satunya yang sangat menunjang adalah  karya wisata. Salah satu meningkatkan pendidikan yaitu dengan mengenalkan wilayah suatu daerah terutama di negara kita tercinta Indenesia
Di Indonesia terdapat beranekaragam panorama, keindahan alam, tempat – tempat pariwisata menarik,tempat – tempat bersejarah dan terdapat pula pusat – pusat perbelanjaan di berbagai pelosok Indonesia. Salah satunya adalah kota Bandung atau yang terkenal dengan sebutan kota “Lautan Api”.
Kota Bandung memiliki berbagai tempat wisata dan tempat perbelanjaan menarik yang salah satunya adalah Tangkuban Perahu, Museum Geologi, Trans Studio dan Cibaduyut. SMP Negeri 3 Jekulo Kudus melakukan wisata ke kota Bandung dengan tujuan agar para siswa dapat belajar secara langsung dari budaya Indonesia. Dengan berwisata, siswa dapat lebih berpengalaman dan lebih berpengetahuan.

B.     Tujuan
Adapun tujuan dalam penulisan laporan karya wisata ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia
2.      Untuk menambah wawasan bagi para siswa
3.      Untuk mengenal lebih jauh tempat  - tempat bersejarah di Indonesia
4.      Untuk mengetahui tempat – tempat wisata yang ada di Indonesia
5.      Menambah pengalaman para siswa tantang objek wisata
6.       Mencegah kejenuhan siswa siswa dari belajar 

C.    Manfaat
Adapun manfaat dari penulisan kara ilmiah ini adalah:
1. Menambah dan meningkatkan pengetahuan/wawasan tentang nilai-nilai Religius, Sejarah, Tekhnologi, Ilmu Pengetahuan dan Rekreasi.
2. Meningkatkan apresiasi dan kreasi siswa.
3. Meningkatkan rasa cinta tanah air dan budaya bangsa.
4. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan pengalaman baru yang   bersifat langsung.
5. Membangun keakraban antar siswa dan guru..

D.    Waktu pelaksanaan
Hari             :      Rabu – Jumat
Tanggal      :       14 – 16 Maret 2018
Jam             :       16.00 WIB (Rabu) – 11.00 WIB (Jumat)
        
E.     Peserta
Dalam karya wisata tahun pelajaran 2018 diikuti oleh siswa kelas VIII danpara guru pendamping











BAB II
LAPORAN HASIL KUNJUNGAN
A. Tangkuban Perahu
    
Gunung Tangkuban Perahu adalah sebuah Gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Gunung ini menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang begitu rame dikunjungi saat liburan baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing.Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian 2.084 meter DPL (Dari Permukaan Laut) ini berada sekitar 20 KM ke arah utara Kota Bandung.
Dengan ketinggian seperti itu anda harus membawa baju hangat jika berwisata ke tempat ini karena udara disekitarnya cukup dingin, 17 derajat pada siang hari dan 2 derajat pada malam hari.Di sekitaran gunung ini juga tumbuh subur pohon-pohon pinus dan perkebunan teh yang membuat pemandangan di sekitar gunung Tangkuban Perahu begitu indah.
Gunung Tangkuban Perahu juga merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif hingga kini, itu bisa terlihat dibeberapa kawahnya yang masih mengeluarkan gas belerang hingga saat ini.Secara ilmiah bentuk gunung ini adalah Stratovolcano (Gunung Berapi Kerucut) dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat Jika anda ke Bandung pasti tidak akan sah rasanya jika anda belum pernah menginjakkan kaki anda di gunung Tangkuban Perahu.
.
v  Sejarah Gunung Tangkuban Perahu
Sejarah gunung Tangkuban Perahu tidak akan lepas dari cerita rakyat Sangkuriang. Sedikit cerita tentang legenda Sangkuriang.Dikisahkan, dahulu kala di tengah hutan belantara hiduplah seorang wanita yang sangat cantik bernama Dayang Sumbi. Dia mempunyai seorang anak yang bernama Sangkuriang yang sangat disayanginya. Mereka mempunyai seekor anjing kesayangan yang diberi nama Tumang.
Pada suatu hari Sangkuriang keluar disiang hari untuk berburu. Ia pergi berburu ditemani oleh anjingnya si Tumang.Dalam legenda ini si Tumang sebenarnya merupakan bapak dari Sangkuriang yang dikutuk menjadi seekor anjing. Namun hal ini tidak diketahui oleh Sangkuriang.Tidak seperti hari-hari biasa, hingga menjelang malam Sangkuriang tidak mendapatkan buruan satupun. Sangkuriang tidak ingin mengecewakan ibunya, ia pun membunuh anjing kesayangannya si Tumang dan membawa dagingnya pulang untuk dimakan.
Sampai di rumah, Dayang Sumbi sangat senang melihat anaknya pulang dan membawa pulang daging buruan, ia pun lantas memasaknya. Setelah makan, Dayang Sumbi baru sadar jika anjing mereka tidak ada. Akhirnya Sangkuriang pun mengaku bahwa daging yang mereka santap tadi adalah si Tumang.Mengetahui hal itu, Dayang Sumbi sangat marah dan melemparkan batu yang mengenai kepala Sangkuriang. Tidak sampai disitu, ia juga mengusir Sangkuriang dari rumah.Menyesal telah mengusir anaknya sendiri, Dayang Sumbi berdoa memohon diberi umur yang panjang dan tidak tua agar kelak bisa bertemu kembali dengan Sangkuriang.
v  Legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi
Singkat cerita, Sangkuriang telah tumbuh menjadi pria yang tampan dan Dayang Sumbi pun semakin cantik. Mereka akhirnya bertemu kembali dan jatuh cinta. Saat itu Dayang Sumbi tidak mengetahui jika pria itu adalah anak kandungnya. Hingga suatu hari Sangkuriang ingin menikahi Dayang Sumbi dan disaat yang sama pula Dayang Sumbi baru mengetahui jika pria itu adalah anak kandungnya dari luka dikepala Sangkuriang yang tidak sengaja dilihatnya.
Tidak ingin menikah dengan anak kandungnya, Dayang Sumbi mendapat ide bagaimana cara menggagalkan pernikahan anak dan ibu kandung ini. Dia lantas mengajukan persyaratan yang sekiranya akan sulit dipenuhi oleh Sangkuriang untuk menikahinya. Dayang Sumbi meminta dibuatkan danau dan sebuah perahu hanya dalam waktu semalam. Tujuannya agar mereka bisa mengelilingi danau tersebut dengan perahu itu nantinya Menjelang pagi, persyaratan yang diminta Dayang Sumbi telah hampir diselesaikan oleh Sangkuriang. Melihat hal itu, Dayang Sumbi berdoa agar matahari segera terbit, doanya terkabulkan. Mataharipun telah muncul yang menandakan telah masuk waktu pagi dan Sangkuriang gagal memenuhi persyaratan dari ibunya. Melihat kenyataan itu, Sangkuriang marah dan menendang kapal tersebut hingga terbalik. Menurut legenda perahu terbalik itulah yang menjadi Gunung Tangkuban Perahu yang ada hingga kini. Namun tentunya itu hanya sebuah legenda yang diwariskan turun temurun oleh orang-orang tua dahulu yang kebenarannya tentu tidak bisa dibuktikan.
v  Wisata Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu memiliki beberapa kawah yang terbentuk akibat meletusnya gunung Tangkuban Perahu ini. Di antara kawah-kawah tersebut, ada tiga kawah yang paling terkenal yakni, Kawah Ratu, Kawah Upas dan Kawah Domas. Mari kita bahas sedikit ketiganya
1. Kawah Ratu
Kawah Ratu merupakan kawah yang paling terkenal dan terbesar dari kawah-kawah yang ada disekitar gunung Tangkuban Perahu. Kawah ini akan terlihat jika anda berada di dataran yang lebih tinggi yang dibuat untuk wisatawan dan tentunya telah dipagari sekelilingnya untuk menjaga keselamatan pengunjung. Tanah dan bebatuan yang ada disekitar kawah telihat putih karena kandungan belerang yang ada dari dasar kawah.Untuk bisa sampai ke sini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun mobil sewaan disekitar gunung Tangkuban Perahu untuk mencapai lokasi ini.Di lokasi ini anda juga akan banyak menemukan penjual-penjual souvenir dan kerajinan tangan lainnya.
2. Kawah Upas
Kawah Upas ini bersebelahan dengan Kawah Ratu. Namun untuk mencapai lokasi ini tidaklah mudah dikarenakan anda mesti melewati jalan yang cukup terjal dan sedikit berpasir. Dan tentunya itu menjadi sebuah tantangan untuk bisa sampai ke lokasi ini. Tidak seperti di Kawah Ratu, Kawah Upas ini telihat sedikit lebih dangkal dan berukuran kecil dari Kawah Ratu. Di samping jalan yang cukup sulit untuk mencapai tempat ini, sepertinya pemandangan yang ada juga tidak sebagus di Kawah Ratu yang menyebabkan kawah ini sepi pengunjung.
3. Kawah Domas
Kawah Domas ini menjadi salah satu favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke gunung Tangkuban Perahu. Letaknya yang berada di dataran yang lebih rendah dari Kawah Ratu membuat kawah ini lebih mudah untuk dikunjungi.Di kawah ini juga anda bisa melihat lebih dekat bahkan anda bisa mencoba panas dari air yang ada di kawah ini dengan merebus telur.
v  Alamat dan Transportasi Menuju Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu berada di Cikahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.Untuk menuju ke lokasi gunung Tangkuban Perahu cukup mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Akan ada banyak rambu-rambu lalulintas yang akan menuntun anda yang langsung mengarahkan anda ke kawah menggunakan kendaraan pribadi.
Berikut beberapa rute yang bisa anda ikuti untuk sampai ke Gunung Tangkuban Perahu:
·         Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi ini alternatif jalannya.
Dari pintu tol Pasteur, anda lurus saja menuju Jl Dr. Djunjunan – lalu anda mengarah ke pasar Kaliki – Sukajadi – Setiabudi – Lembang – Gunung Tangkuban Perahu.
Dari pintu tol Padalarang – anda menuju ke arah Cimahi – belok kiri ke arah Jl Kolonel Masturi – jika telah sampai di pertigaan Jalan Raya Lembang anda belok kiri – Gunung Tangkuban Perahu.
·         Apabila anda menggunakan kendaraan umum ini alternatif jalannya.
Dari terminal Leuwi Panjang Bandung – anda naik bus jurusan Bandung – Indramayu – anda bisa turun di pertigaan gerbang yang menuju Gunung Tangkuban Perahu.
Dari stasiun Hall Bandung – angkot jurusan stasiun Hall – Lembang – berhenti di perempatan – ambil angkot jurusan lembang – Cikole – Gunung Tangkuban Perahu.
B.  Museum Geologi
 
Museum geologi Bandung merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang layak menjadi destinasi liburan keluarga yang sarat akan pengetahuan, khususnya pada peninggalan masa purbakala. Kota Bandung sebagai pusat kota provinsi Jawa Barat memang menyajikan berbagai tempat wisata mulai dari wisata belanja, kuliner, alam dan wisata edukasi yang menarik untuk di kunjungi.
Wisata edukasi ternama pada kota kembang pada museum ini, berisi peninggalan zaman penjajahan Belanda yang berisikan penemuan arkeolog seperti penemuan fosil sejarah manusia purba di Indonesia. Termasuk pula dengan sejarah museum geologi bandung ini, yang sampai sekarang menjadi pusat pengetahuan geologi nusantara.


v  Sejarah Museum Geologi
Sejarah museum geologi Bandung pertama kali didirikan sebenarnya dilakukan pada masa pemerintahan Hindia Belanda seperti pada pada museum fatahillah Jakarta. Kegiatan penyelidikan tersebut dilakukan untuk menemukan barang tambang dan geologi di bumi Nusantara oleh ahli geologi yang berasal dari  Eropa pada sekitar pertengahan abad ke-17. Museum ini didirikan tanggal 16 Mei tahun 1928.
Pada awalnya penyelidikan dilakukan, terkait dengan kegiatan revolusi Industri yang dilakukan bangsa Eropa yang membutuhkan berbagai bahan tambang, yang mulai dilakukan pada abad ke-18. Pemerintahan Belanda yang menyadari akan hal tersebut, kemudian mulai melakukan penguasaan terhadap pencarian sumber barang tambang di Indonesia untuk menyokong perekonomian bangsa Eropa.
Hasil penelitian yang ditemukan tersebut, memerlukan tempat untuk menyimpan hasil barang tambang dan juga temuan fosil yang ditemukan bersama barang galian tersebut. Lalu didirikan sebuah gedung yang diberi nama “Geologisch Laboratorium” untuk menyimpan semuanya. Bangunan museum geologi Bandung dibuat dengan rancangan seorang arsitek berasal dari negeri Belanda, yang bernama Van Schouwenburg dan memakan biaya mencapai empat ratus ribu gulden. Lalu bangunan tersebut, dilakukan peresmian pada tanggal 16 Mei 1929.
Ketika sistem pemerintahan Indonesia mulai dikuasai Jepang, kepengurusan gedung pun berpindah tangan dan berganti nama menjadi Chishitsu Chosacho. Lalu setelah merdeka pengurusan gedung dilakukan oleh Pusat Djawatan Tambang dan Geologi (PDTG/1945-1950). Kemudian karena perang yang terjadi, banyak dokumen yang berpindah-pindah karena Belanda menduduki kembali gedung tersebut. Lalu setelah suasana membaik, pengelolaan museum geologi Bandung mulai dibenahi dan semakin membaik sampai sekarang.
v  Arsitektur Museum Geologi
Museum Geologi – Jl Diponegoro, Bandung - yoshiewafa - Lokasi Museum Geologi tidak jauh dari Gedung Sate dan masih termasuk dalam satu wilayah bangunan-bangunan bersejarah. Gedung ini lokasinya di sisi Jalan Diponegoro No. 57, yang masih termasuk ke dalam Kel. Cihaurgeulis, Kec. Coblong.
Secara Geografis lokasinya terdapat pada koordinat 06º54'03,3" LS dan 107º37'16,9" BT. dan di sekitar gedung kini sudah banyak berdiri bangunan kantor, pemukiman, dan pertokoan. Untuk mencapai tempat ini relatif mudah dengan melalui jalan raya yang memiliki kondisi yang baik, menggunakan kendaraan pribadi beroda 4 atau 2 ataupun naik kendaraan umum seperti Bis/Angkot yang melalui kawasan ini relatif banyak.
Museum Geologi ini didirikan pada tahun 1928 dalam masa Pemerintahan Kolonial Hindia Belanda, oleh seorang arsitek bernama WNALDA VAN SCHOLTWENBURG, yang kemudian diresmikan pada tanggal  16 Mei 1929 dan bertepatan dengan acara Kongres Ilmu Pengetahuan se-Pasifik IV di Bandung. Selain difungsikan sebagai museum, Museum Geologi juga berfungsi sebagai labolatorium geologi, dan sampai sekarangpun pemanfaatannya masih tetap sama sesuai dengan fungsinya dan dikelola oleh Museum Geologi/Departemen Energi serta Sumber Daya Mineral, dengan luas gedung kurang lebihnya sekitar  3617,08 m² dan luas kawasan kurang lebih sekitar 8342,52 m².
Gedung Museum ini berbatasan dengan, di arah utara : Jalan Surapati, timur : Gedung RRI, selatan : Jalan Diponegoro, barat : Jalan Sentot Alibasa. Gedung Geologi mempunyai gaya arsitektur art deco dengan berbagai kesan horisontal yang sangat kuat. Terdiri atas dua lantai dengan arah menghadap ke selatan (Jalan Surapati). Museum ini pada mulanya sangatlah sederhana sehingga bisa dikatakan hampir sama dengan ruang dokumentasi koleksi.
Kemudian tahun 1993 sudah dilakukan renovasi ulang karena semakin banyaknya koleksi yang dikumpulkan dari berbagai hasil penelitian geologi Indonesia yang telah dimulai sejak tahun 1850, sehingga dibutuhkan tempat khusus untuk menyimpannya dan memamerkannya kepada masyarakat luas. Serta semakin meningkatnya jumlah pengunjung yang memerlukan informasi tentang ilmu geologi, khususnya para pelajar dan mahasiswa.
Renovasi Museum Geologi adalah atas usaha bersama dari pemerintah Indonesia dan pemerintah Jepang pada tahun 1998 sampai dengan Juli tahun 2000 dan kemudian diresmikan pada tanggal 22 Agustus 2000 oleh Wakil Presiden Megawati Soekarnoputri yang waktunya bersamaan dengan Simposium Internasional tentang Museum Geologi.
Koleksi Museum Geologi terdiri dari batuan dan mineral  yang jumlahnya kurang lebih adalah 250.000 buah, koleksi fosil dan lain-lainnya kurang lebih sekitar 60.000 buah. Museum Geologi juga merupakan sebuah museum yang terbesar koleksinya se-Asia Tenggara. Museum Geologi sekarang sudah menjadi sebuah tempat wisata budaya (geologi) yang cukup ramai dikunjungi oleh kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat, pada hari-hari biasa maupun hari libur baik yang berasal dari Bandung maupun luar Bandung.
C. Transtudio Bandung
 
Trans Studio merupakan jaringan taman bermain di dalam ruangan (Indoor Theme Park) terbesar di Indonesia yang dikelola oleh Trans Corp. Di dalam taman bermain ini memiliki berbagai macam wahana dengan tema seperti program-program acara yang ada di Trans TV dan Trans7.
v  Sejarah Trans Studio Bandung
Trans studio bandung ini di dirikan pada bulan juni 2011 oleh bpk chairultanjung, berawal dari cita citanya inging mempunyai tempat hiburan. Beliaupertama kali mendirikan trans studio di Makassar lalu beliau mendirikan dibandung. Mengapa di bandung ? karna di wilayahnya strategis di trans studiobandung ini terdapat 20 wahana permainan sedangkan di Makassar 15pemainan oleh karena itu lah trans studio bandung lebih istimewa dan lebihbanyak di kunjungi. Di trans studio bandung terdapat lebih 1000 karyawanyang bekerja pegawai selain itu yang membuat trans studio bandung lebihistimewa adalah theme park indoor terbesar di asia.

v  Wahana  Trans Studio Bandung
Wahana-wahana terbaik yang ditawarkan oleh Trans Studio Bandung,yaitu :
1.      Yamaha Racing Coaster.
Wahana ini cocok untuk mereka yang ingin menguji derasnya adrenalin karena mampu melesat dengan kecepatan 120 kilo meter perjam dalam 3,5 detik. Konon wahana yang dimiliki oleh Trans Studio Bandung itu hanya tersedia tiga unit di dunia, dua unit lainnya terpasang di Amerika Serikat.
2.      Jelajah
Wahana ini memberikan pengalaman bertualang di dalam hutan Afrika, bertemu dengan binatang b
uas, dan melewati jurang air terjun setinggi 13 meter.
3.      Giant Swing
Ayunan pendulum raksasa yang pertama di Indonesia ini akan mengajak Anda berputar-putar di ketinggian 18 meter.
4.      MARVEL superheroes 4D
Bioskop simulator berteknologi 4 dimensi pertama di dunia yang menampilkan superhero karya MARVEL seperti Spiderman, Hulk, Iron Man, Wolverine, dan musuh-musuh mereka.
5.      Vertigo
Kincir angin raksasa yang membawa Anda berputar 360 derajat secara vertikal.
6.      Special Effect Action
Sajian yang mengungkap rahasia dibalik film-film action seperti ledakan, tembakan, dan semburan air.
7.      Negeri Raksasa
Mengunjungi negeri raksasa di atas awan yang siap menjatuhkan Anda dari ketinggian 20 meter.
8.      Dunia Lain
Petualangan yang penuh misteri dan menyeramkan yang akan membawa Anda ke tempat-tempat berhantu di Bandung.
9.      Trans Science Center
Sarana bermain dan belajar ilmu sains untuk anak-anak usia sekolah
10.  Trans Broadcast Museum
Menyajikan rahasia di balik produksi program-program Trans TV dan Trans 7
11.  Sky Pirates
Pengalaman naik kapal bajak laut dan berkeliling Trans Studio Bandung menggunakan 'kapal udara'
12.  Kong Climb
Menantang tantangan dengan memanjat dinding untuk mencuri permata yang dijaga King Kong.
13.  Dragon Rider
Menyajikan petualangan menunggang naga a la ksatria.
14.  Blackheart Pirate Ship
Wahana ini diklaim sebagai area softplay tematik terbesari se-Asia Tenggara dengan empat area yang akan membuat anak-anak betah bermain.
15.  Pulau Liliput
Wahana tempat bermain tematik yang khusus untuk para balita
16.  Trans Car Racing
Menyediakan track balapan sepanjang hampir 1 kilo meter dengan kecepatan maksimum 40 km/jam.
17.  Trans Movie Magic
Menampilkan pengalaman menonton layar lebar yang lebih nyata kepada pengunjung.
18.  Trans City Theatre
Gedung pertunjukan mewah yang menampilkan pertunjukan, yang diklaim, setara dengan Broadway
19.  Amphitheatre
Menampilkan pertunjukan dengan desain spektakuler dan efek yang special
20.  Si Bolang Adventure
Merupakan sajian petualangan berkeliling Nusantara bersama si Bolang, tokoh bocah petualang.
v  Fasilitas Trans studio
Trans Studio Bandung mempunyai fasilitas berikut ini :
1.    Trans Studio Theme Park: pusat rekreasi indoor berkelas internasional
2.    Trans Studio Mall Bandung: pusat perbelanjaan kelas dunia yang artistik dan nyaman
3.    Mega Tower: Kantor pusat Bank Mega cabang Bandung
4.    The Trans Luxury Hotel - Hotel bintang 6
5.    Ibis Hotel Bandung - Hotel bintang 3

D. Cibaduyut
   
Sepatu, tas dan dompet merupakan salah satu asesoris yang selalu digunakan dan dibawa baik bagi pria maupun wanita. Bandung merupakan salah satu sentral pembuatan asesoris tersebut. Tepatnya berada di Cibaduyut Bandung. Cibaduyut pun dikenal sebagai deretan toko terpanjang di Asia. Hasil produk sepatu cibayudut tidak kalah dengan merek luar negeri. Buktinya dengan banyaknya turis domestik yang datang ke sini.
Cibaduyut Bandung berada di daerah selatan Bandung kira kira dari pusat kota sekitar 30 menit. Kawasan ini awalnya terkenal dengan sentral sepatu kulit.
Untuk menuju ke Cibaduyut tidak sulit. Di tandai dengan patung sepatu yang besar di depan perempatan sebelum memasuki jalan Cibaduyut Bandung. Dengan adanya patung yang Sepatu memudahkan untuk para pengunjung untuk bisa sampai ke cibaduyut bandung, karena patung sepatu merupakan lambang atau ciri khas dari jalan cibaduyut dan patung sepatu satu-satunya yang ada di kota Bandung. Pantung sepatu cibaduyut merupakan akses pintu masuk menuju dari jalan Cibaduyut Bandung.
Sepanjang Jalan Cibaduyut Bandung banyak berdiri toko toko yang menjual dan menerima pesanan sepatu. Semua ukuran sepatu dapat dibuatkan di sini. Daerah ini terkenal karena harga yang mereka tawarkan cukup murah, dan kwalitas yang cukup bagus.


v  Situasi Cibaduyut
Jangkauan pemasaran industri sepatu cibaduyut, bukan hanya didistribusikan di pulau Jawa, tetapi juga hingga ke pulau lain, seperti Kalimantan, Sumatera, dan lainnya. Bahkan ada juga yang diekspor ke luar negeri. Potensi bisnis sepatu Cibaduyut sesungguhnya luar biasa, tapi sayangnya masih terhambat berbagai kendala. Dari mulai permodalan, sampai pemasarannya. Pemerintah pun terbilang kurang memberikan perhatian.
Meski diakui berharga murah, kualitas sepatu produk China masih kalah jika dibandingkan dengan produk sepatu Cibaduyut. Tetapi, di pasaran tetap saja, menurutnya, harga murah yang diburu para pembeli.
Bukan hanya sepatu – sepatu yang dijual disana tetapi ada tempat – tempat penginapan. Beragam jenis penginapan yang bisa anda tentukan di cibaduyut yakni hotel bali indah, pondok nirom hotel, grand pasundan convention hotel, harris hotel, guntur hotel, tempat tinggal dyandra, serta lain sebagainya. Banyaknya penginapan yang ada di cibaduyut karena adalah trade center bandung. Dikarenakan itu cibaduyut sebagai penginapan bandung utama, tak hanya banyak penginapana yang kita jumpai, kita juga dapat mengujungi beragam rekreasi yang ada di dekat tempat cibaduyut layaknya tangkuban perahu, gedung merdeka, villa isola, lapangan golf. monumen and landmark, museum asia afrika, museum geologi, tempat tinggal mode factory outlet, serta area pusat pembelanjaan yang lain maupun restoran – restoran populer beragam mancanegara. demikian banyak perihal yang dapat anda peroleh di cibaduyut, lantas janganlah sangsi bila anda pingin berlibur ke bandung, tepatnya di cibaduyut.
Penginapan yang disiapkan lalu tidak sedikit, lantas anda lalu dapat memilihnya sesuai dengan kantong anda maupun situasi yang anda kehendaki. Di cibaduyut, anda tentu dapat mendapatkan suatu hal yang baru disana serta tidak barangkali anda peroleh di area lain, lantas anda pantas menentukan penginapan bandung yang berlokasi di daeah sekitaran cibaduyut.



BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Sesuai denga nisi laporan karya tulis di atas adalah kita bisa mengetahui sejarah peradaban dunia, pengetahuan IPTEK, pengetahuan Geologi, pengetahuan matematika, tempat – tempat wisata menarik, tempat – tempat perbelanjaan melalui kunjungan ketempat yang kita inginkan. Ataupun kita bisa membaca tempat – tempat wisata tersebut melalui perkembangan tekhnologi seperti internet. Kita juga dapat mengetahui siapa para penemu – penemu sejarah peradaban didunia.  Selain itu,setiap siswa itu membutuhkan rekreasi, siswa tidak bisa ditekankan untuk terus menerus belajar karena nanti dapat membuat siswa stress. Study Tour ini memang cocok untuk anak anak kelas VIII disamping sebagai wahana rekreasi dan menambah pengalaman, siswa juga bisa mengetahui hal hal yang baru tentang ilmu pengetahuan.                                                
B. Pesan dan Kesan
a.       Pesan
Selalu menjaga dan melestarikan teempat – tempat yang menjadi  peninggalan sejarah dan wisata  
b.      Kesan
Menghilangkan refresing serta membuat bahagia ketika mengunjungi tempat – tempat yang belum pernah di datangi.
C. Saran
Bagi sekolah :
* Sekolah sebaiknya dapat memberi keringanan biaya bagi siswa-siswi yang kurang mampu atau kesulitan biaya untuk mengikuti Study Tour sehingga tidak ada siswa-siswi yang tidak bisa mengikuti Study Tour karena kendala biaya.
* Sekolah diharapkan memberi waktu yang lebih lama bagi siswa untuk mengerjakan karya tulis.
* Sekolah sebaiknya memberi waktu yang lebih lama bagi siswa untuk menikmati objek wisata.
Bagi guru pendamping :
* Diharapkan lebih mendisiplinkan para murid agar murid lebih dapat membawa diri untuk bersikap dalam bergaul.
* Lebih memperhatikan kesehatan murid, khususnya keadaan murid yang kurang sehat selama perjalanan
* Diharapkan dapat menjadi orang tua dan teman bagi siswa-siswi selama Study Tour sehingga dapat lebih akrab
* Diharapkan lebih sigap menangani kejadian-kejadian di luar dugaan yang bersifat mengganggu program Study Tour
Bagi siswa :
* Siswa diharapkan tidak hanya memanfaatkan Study Tour sebagai sarana rekreasi namun juga sebagai sarana belajar untuk menambah wawasan
* Siswa dapat menjaga perilaku ketika berada di tempat wisata yang di datangi.

 DAFTAR PUSTAKA
http://dubraw73.blogspot.co.id/  diakses pada tanggal 20 Maret 2018 pukul 20.00 WIB
http://kevinmarcelino1.blogspot.co.id/ diakses pada tanggal 21 Maret 2018 pukul 13.00 WIB
https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Tangkuban_Parahu diakses pada tanggal 20 Maret 2018 pukul 21.00 WIB
https://karuniakaruni.wordpress.com/2014/10/10/karya-tulis-ilmiah-study-tour/ diakses pada tanggal 21 Maret 2018 pukul 19.30 WIB

No comments:

Post a Comment

TES WAWASAN KEBANGSAAN CPNS LATIHAN SOAL

TES WAWASAN KEBANGSAAN (JUMLAH SOAL : 45 ) 1.Proses Islamisasi di Nusantara terjadi melalui berbagai bentuk, kecuali : A. Kesenian dan...